Selasa, 13 Juli 2010

Vierra Terpopuler se-Asia di Facebook


MUSISI-musisi Indonesia mendulang banyak penggemar di dunia maya.Dalam daftar urutan penyanyi paling populer di Asia,enam musisi Indonesia masuk dalam 10 besar.

Daftar yang dirilis famecount. com, dalam urutan 10 besar penyanyi di kawasan Asia, enam penyanyi Indonesia termasuk di antara musisi-musisi yang memiliki rating popularitas paling tinggi. Famecount.com adalah situs sosial media statistik, di mana mereka menghitung jumlah fans pagepada layanan jejering sosial seperti Facebook,followersTwitter,dan pengunjung paling banyak dalam daftarYoutube. Tak hanya menganalisa tentang selebritis, Famecount juga menghitung orang-orang penting, seperti politikus, komedian, hingga program acara TV yang paling banyak diminati.

Namun,basic-nya tetap pada banyaknya pengunjung di fans page Facebook, followers Twitter,danYoutube. Dalam daftar penyanyi yang dirilis Famecount, Sherina Munaf berada di urutan kedua,setelah Yoko Ono,penyanyi asal Jepang.Sherina Munaf, memperoleh persentase Famecount sebesar 22,18% dengan jumlah followers Twitter hingga 12 Juli 2010 sebanyak 458.828 dan jumlah fans page Facebook sebanyak 91.932. Penyanyi Indonesia lain yang masuk dalam 10 besar penyanyi yang memperoleh statistik atau paling populer di kawasan Asia, yakni Vidi Aldiano yang berada di peringkat tiga disusul band yang tengah naik daun,Vierra. Ketiga penyanyi Indonesia ini, bahkan berada di atas grup penyanyi asal Korea Selatan,Wonder Girls.

Penyanyi asal Korea ini sebenarnya memiliki basic penggemar yang sangat banyak. Lima penyanyi wanita dengan dandanan yang selalu menarik perhatian anak muda ini hanya mampu bercokol di urutan lima.Atau berada satu strip di atas penyanyi asal Korea lain 2pm. Sedangkan Saykoji dan RAN, menyusul di belakang 2pm. Saykoji berada di posisi 7 dan RAN di posisi 8.Sedangkan di urutan 10 besar penyanyi Asia yang memiliki statistik jejaring sosial paling tinggi adalah Slank. Slank berada satu strip di bawah penyanyi asal India,yakni Shreya Ghoshal. Famecount.com adalah situs yang memiliki alamat server di Inggris.

Situs ini menyediakan data-data yang dikumpulkan dari situs jejaring sosial yang dikelola oleh selebritis. Saat ini selebritis dunia yang memperoleh poin paling tinggi yakni penyanyi Lady Gaga.Seperti diberitakan,popularitas Lady Gaga di situs jejaring sosial mengalahkan Presiden Amerika Serikat,Barack Obama. Untukfans pageFacebooksendiri, Vierra memiliki fans page paling banyak alias terpopuler di kawasan Asiauntukkategoripenyanyi.Jumlah fans page yang dirilis Famecount.com berjumlah 1.062.514 penggemar.

Manajer Vierra yang juga pengelola Facebook fans Vierra, Harry mengatakan,capaian Vierra sebagai band yang memiliki jumlah fans page paling banyak di kawasan Asia merupakan capaian yang luar biasa. Pihaknya tak pernah menyangka jika jejaring sosial yang dia kelola bisa mencapai angka sedemikian besar. ”Memang fans pageVierra kita kelola sendiri. Tapi kita tak pernah menyangka jika jumlah fans Vierra mencapai angka lebih dari 1 juta penggemar,” tegas Harry kepada Seputar Indonesiakemarin.

Dia menambahkan, secara manajemen, hadirnya Facebookdanjejaring sosial memang sangat mendongkrak popularitas artis.Selama ini dirinya terus mengabarkan update terkini tentang Vierra melalui jejaring sosial. Penggemar Vierra yang hendak mengetahui keberadaan band ini juga dengan mudah dapat mengakses melalui update-updateyang kita rilis. ”Kita berterima kasih kepada penggemar Vierra atas capaian ini. Kita akan selalu memberikan yang terbaik untuk penggemar Vierra.” Dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, penggemar Vierra di daerah yang belum didatangi Vierra akan dengan mudah memperoleh informasi.
”Seolah kita tanpa sekat. Itu mungkin keuntungan yang kita peroleh dari sini,”tegas Harry. Manager Superman Is Dead,Lia Pasaribu mengatakan pihaknya tak pernah mengundang orang untuk masukdalamfanspageSupermanIs Dead. Capaian penggemar hingga angka lebih dari 500 ribu penggemar berjalan dengan sendirinya.” Ini menjadi salah satu ukuran bahwa memang banyak penggemar SID yang ingin mencari tahu informasi terkini dari SID,”jelas Lia. Selama ini pengelolaan fans page SID memang dilakukan oleh manajemen SID.

Dari situ, manajemen bisa dengan mudah mengelola update terbaru, memberikan informasi paling gress dari SID kepada penggemarnya. SID tidak pernah menyangka jika kemudian SID menempati urutan kedua teratas dalam daftar penyanyi Indonesia paling populer di fans page Facebook.”Yang jelas, kita hanya memberikan yang terbaik untuk penggemar SID.Kita tidak pernah mengejar itu berdasarkan popularitas semata,”tegas Lia Sementara itu, pengamat musik Indonesia, Denny Sakrie mengatakan bahwa tak hanya musisi muda Indonesia yang memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan dirinya.Artis senior pun kini ikut Facebook dan Twitter untuk mendongkrak popularitas mereka.

Dengan rilis yang dikeluarkan famecount.com, di mana musisi Indonesia menguasai 10 besar deretan artis di kawasan Asia, itu menjadi pertanda bahwa artis Indonesia memiliki popularitas yang sangat tinggi.Penggemar musik di Tanah Air pada kenyataannya memiliki fanatisme yang tinggi kepada musisi-musisi mereka. Sehingga bisa menjadi tolok ukur untuk artis luar masuk ke pasar industri musik di Tanah Air. ”Memang jejaring sosial ini memiliki manfaat yang besar untuk artisartis.

Dengan promosi lewat jejaring sosial ini,mereka bisa dengan mudah menggaet fans,”ujarnya Denny mencontohkan, penyanyi seperti Justin Beiber menjadi sangat terkenal karena mereka serius menggarap jejaring sosial ini untuk berinteraksi dengan penggemarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar