Rabu, 06 Juli 2011

Mengatur Bahasa Tubuh Untuk Memberikan Kesan Yang Baik


Mengatur bahasa tubuh untuk mengesankan tiap orang




Ini Dia satu lagi artikel saya mengenai  Mengatur Bahasa Tubuh Untuk Memberikan Kesan Yang Baik, silahkan di baca.

Wahai keluarga Asseyka Perlu anda ketahui Kesan pertama Anda dibangun sejak Anda bertemu dengan seseorang. Karenapada dasarnya setiap orang memberikan penilaian terhadap setiap orang asingatau baru yang ditemuinya. Saat itulah detik-detik yang menentukan karena satudetik pun sudah menciptakan kesan anda dan nilai anda di pandangan setiaporang. Anda akan dinilai secara status social, intelektual anda, dankepribadian anda 3 hal itu yang akan dinilai pertama setiap orang. Kenapa sayakatakan satu detik pun sudah cukup untuk membuat seseorang menilai anda. Contohkasarnya: missal anda seorang yang waras, tetapi di satu saat andabertingkah/bersikap seperti orang gila, berpenampilan seperti orang gila, danberkomunikasi seperti orang gila. Meskipun sedetik anda dilihat seseorang. Itusudah cukup untuk memberikan penilaian terhadap diri anda. Tentunya orang ituakan menilai anda seorang yang berstatus social Seorang yang tidak waras,berkepribadian orang tidak waras, karena anda tadi bertingkah/bersikap sepertiorang gila. Dan menilai intelektual diri anda melalui cara anda berkomunikasi.Cukup!!


Nah pada kesempatan kali ini, sayaakan mengajarkan sedikit cara mengatur bahasa tubuh untuk memberikan kesan yangbaik dan bermartabat bagi setiap orang yang melihat.
Pesan non verbal dalam komunikasiditampakkan dalam banyak hal, salah satunya adalah cara berpakaian. Jadi maupunanda pria ataupun wanita perhatikanlah penampilan anda, pelajari caraberpakaian yang baik.

Contoh-contoh yang saya bahas:


Jika Anda menggunakan jaket, maka jangan ikut bawa masuk; tinggalkan saja dikendaraan Anda.
Misal anda datang ke tempat barumissal ditempat umum yang ramai orang seperti di kantor2 rumah sakit atauapapun ketika anda datang. Karena anda belum kenal dengan situasi tempat atauanda baru sekali itu kesitu anda dalam posisi mencari tempat informasi ataupunorang Jangan celingukan. Jika Anda memang sedang mencari meja registrasi atautempat duduk, jangan tolehkan kepala Anda ke kanan dan ke kiri secara cepat bakkera kena tulup. Jika Anda pernah melihat orang yang tak tahu jalan atautersesat dan kemudian tolah toleh tak karuan, Anda pasti paham betapa orang itutampak bingung dan merasakan ketidakpastian yang besar. Tentu ini dapatmemberikan kesan kepada orang yang melihat bahwa anda orang yang kebingungandan sedikitpun tidak mempunyai karakter/kepribadian yang menarik karena andatampak tidak tenang Jelas-jelas ini memberikan kesan yang tidak baik. JikapunAnda mencari-cari tempat duduk atau teman, yang Anda gerakkan cukup bola matadengan tolehan kepala yang pelan.

Misal Anda berada di ruang tunggu,aturlah postur tubuh Anda dengan baik dan jangan menampakkan sikap-sikap tubuhyang tidak keren atau miskin wibawa. Ini artinya jangan berjongkok seperti gayaorang mau berak di pinggiran tembok . Meskipun yang lain seperti itu, Andajangan menirunya. Paksa diri Anda untuk tetap berdiri jika memang tak adatempat duduk yang tersisa. Meskipun banyak orang yang duduk secara berhimpitansampai-sampai hanya ujung pantat belakang saja yang menyentuh kursi, tidakberarti Anda perlu melakukan hal yang sama. Kecuali memang kondisi seperti ini:missal seperti saya, jika sedang mau ujian pratikum semua mahasiswa hampersebagian besar duduk bersila di lantai dekat-dekat tempat ujian. Dan semuaorang dalam posisi seperti itu, anda bisa membayangkan maksud saya? Dalamposisi seperti itu bolehlah anda ikut duduk bersila tapi ingat anda juga harusduduk tegak (tapi tidak kaku) atau bersandar didinding sambil mengobrol denganteman-teman disamping atau sambil diselingi dengan membaca buku . Atau bolehjuga anda mencari tempat lain ajak teman anda atau anda sendiripun bisa,ditempat lain yang memungkinkan anda untuk duduk di bangku dll.

Jika Anda duduk, entah di ruang tungguataupun di dalam ruang wawancara, duduklah dengan punggung tegak, pinggangmenempel di sandaran, bahu aga ditarik ke belakang, dengan dagu agak diangkat.Sikap tubuh semacam ini tidak hanya akan membuat Anda tampak keren, tapi jugamembuat Anda bisa bernafas dengan lega sehingga gugup pun bisa terkendali.

Ketika Anda masih menunggu, makajangan bengong; sebaiknya lakukan hal-hal keren seperti membaca majalah, bukupengembangan diri, apalagi buku yang berbahasa inggris. Jangan gunakan waktuini untuk ngegame di handphone atau mengisi TTS. Itu sama sekali tidak keren.Anda juga bisa gunakan waktu menunggu untuk ngobrol dengan orang di sebelahkanan kiri Anda.

Tatkala bertemu dengan seseorang,jabatlah tangannya dengan erat. Jabat tangan sering digunakan untuk membacatingkat energi seseorang. Jabatan tangan yang lemas akan menimbulkan kesan yangburuk. Jadilah yang terakhir melepaskan jabatan tangan itu. Itu artinya Andabaru lepaskan ketika jabatan tangannya mulai mengendor. Ada aturan tidaktertulis diantara manusia tentang cara beretika manusia secara status social.Missal anda belum begitu kenal dengan seseorang misalkan dia punya jabatan atauapapun Tak perlu gunakan tangan kiri Anda untuk memegang lengan atau bahu orangitu. Itu namanya SKSD; Sok Kenal Sok Dekat, yang bisa berbahaya manakala orangitu adalah melankolis atau phlegmatis.tapi untuk seseorang yang berstatussocial sama dengan anda anda bisa melakukan tekhnik memegang lengan atau bahuseseorang karena ini berefek cepat untuk menimbulkan keakraban. Missal sepertianda baru dikenalkan oleh teman anda dengan temannya. Dan anda bisa melakukancara diatas dengan orang-orang yang sudah anda kenal untuk menambah keakrabananda dengannya ingat tapi jangan terlalu sering kepada orang yang anda kenal.

Anda dapat sedikit mencondongkantubuh ke depan untuk menunjukkan ketertarikan.
Jaga gerakan tangan seminimal mungkin atau lebih tepatnya, jaga sebisa mungkinagar Anda tidak melakukan ekspresi gerakan tangan ke wajah, misal ke arahmulut, hidung, mata, tengkuk atau telinga. Semua itu dapat mengirimkan pesanbahwa Anda ragu dengan yang Anda sampaikan, atau bahkan Anda sedang berbohongatau mengarang-ngarang jawaban.ini juga dapat memberikan kesan kepada oranglain anda tidak percaya diri dan tidak yakin pada diri anda sendiri.

Sebaiknya Anda tidak menyilangkankaki di depan, entah dengan menumpangkan atau menyilangkan kaki di depan.Termasuk juga, sebaiknya Anda tidak menyilangkan tangan di depan dada. Itusemua menunjukkan sikap defensif.

Sedikit cara duduk :
Disaat duduk santai:
-         andadapat duduk dengan menopang satu kaki anda di atas paha kaki anda satunya lagidan tangan anda memegang pergelangan kaki yang anda naikkan.
-         Andajuga bisa menggunakan gaya duduk seperti ini: anda bersandar di bangku/sofalalu satu kaki anda menyilang missal kaki kanan anda disilangkan ke kaki kiridan berarti paha kanan anda diatas paha kiri anda. Ini akan memberikankesan  bahasa tubuh yang baik, bahkan dikondisi dan situasi tertentu gaya duduk anda akan memberikan kesan yang sangatmenarik.

Lakukan tatapan mata, lakukan secara wajar , tak usah dipaksakan. Di Indonesia, menundukkan atau mengalihkan pandangan masih dianggap sebagai suatu hal yang diperlukan untuk menunjukkankesopanan atau ketundukan. Ingat bahwa tidak semua orang yang Anda hadapi orangyang berstatus social yang sama dengan anda atau dibawah anda. Bisa jadi diaadalah bos atau siappun yang mempunyai status social yang sangat tinggidisbanding anda, yang mana mereka punya kebutuhan untuk dihormati. Memaksakandiri mempertahankan tatapan mata bisa jadi malah dianggap sikap kurang sopan.Dan jika Anda mengalihkan pandangan, jangan ke arah samping atau atas,melainkan ke bawah.

Dengan tatapan mata, apa mengkomunikasikan bahwa Anda adalah pribadi yangpercaya diri, dan bahwa Anda mendengarkan dengan seksama apa yang orang sampaikan.Di buku saya Rahasia Spiritual Keluarga Asseyka anda bisa mempelajari pandanganmata dengan lebih dalam.
Saat berbicara, perhatikan kecepatanbicara dan volume suara Anda; jaga keduanya agar tetap berada dalam rentangyang nyaman untuk didengar.
Jangan lupa untuk tersenyum,meskipun ini tentu saja harus disesuaikan dengan apa yang sedang dibicarakan.Saat pertanyaan diajukan, tunjukkan muka serius yang tak menyeramkan. Pokoknya gaya mendengarkan yang khusuk deh.

Jika di saat ini Anda senyam senyum tanpa alasan jangan-jangan malah anda akan diceletuk orang, “Anda pikir pertanyaan saya lucu apa?” Senyumlah sejak akan mulai menjawab pertanyaan. Tapi jika Anda memang excited atau menyukai pertanyaan yang diajukan kepada anda,maka tersenyum adalah sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar